Sabtu, 06 September 2008

Anna Shopana Layak Pimipin Indramayu


Warta Wiralodra, Indramayu
Diraihnya penghargaan tertinggi dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berupa Satya Lencana Wira Karya oleh Hj Anna Sophana Irianto (Ketua TP PKK Kab Indramayu) pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XV tahun 2008 di Jambi, Minggu lalu, ternyata mendapat respons positif dari berbagai kalangan. Prestasi tingkat nasional tersebut, dinilai sebagi bukti kongkrit keberhasilan kepemimpinan Hj Anna, sehingga menumbuhkan kepercayaan dan harapan berbagai elemen masyarakat terhadap istri Bupati Irianto untuk menjadi orang nomor satu di daerahnya.
Sekretaris DPD Pengajian Al-Hidayah Kabupaten Indramayu, Aam Aminah SAg mengatakan, penghargaan tingkat nasional yang diraih Anna Sophana menjadi kado istimewa bagi masyarakat Dermayon. Karena penganugerahan tersebut masih dalam suasana peringatan satu abad kebangkitan nasional.
yang diraih Anna Sophana menjadi kado istimewa bagi masyarakat Dermayon (Indramayu, red). Karena penganugerahan tersebut masih dalam suasana peringatan satu abad kebangkitan nasional.
Masyarakat terutama kaum perempuan, menganggap penghargaan tingkat nasional ini sebagai momentum kebangkitan kaum perempuan di Indramayu. Prestasi ini menjadi bukti keberhasilan Hj Anna dalam memimpin, sehingga beliau pantas untuk memimpin lebih luas lagi di masa mendatang,” ujar Aam Aminah yang juga anggota fraksi Partai Golkar DPRD Indramayu.
Ketua Umum Ormas Wiralodra Centre H Eddy Fredy Rahman menyebutkan, keberhasilan Anna Sophana meraih Satya Lencana Wira Karya menjadi bukti peran TP PKK yang mampu menggerakan masyarakat untuk ber-KB, dan berperan aktif dalam mewujudkan keluarga sejahtera
berperan aktif dalam mewujudkan keluarga sejahtera.
Hj Anna akhirnya membuktikan keberhasilannya dalam memimpin TP PKK hingga meraih prestasi tertinggi dari Presiden SBY, khususnya di bidang KB. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat dan menumbuhkan kepercayaan akan kepemimpinan perempuan seperti Hj Anna,” ujar H Fredy. Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Imam Masjid (Forkim) H Syakur Yasin MA mengatakan, Hj Anna Sophana memang layak mendapatkan penghargaan tersebut. Karena kepemimpinannya di TP PKK selama ini sudah dirasakan positif oleh masyarakat, baik dalam mensukseskan program KB maupun peningkatan kesejahteraan keluarga. dikatakan Kyai Syakur, kiprah Anna selama ini sangat berarti bagi masyarakat maupun daerah. Dia sosok wanita yang selalu setia menemani suaminya dalam memimpin daerah. Menurutnya, walaupun berwajah cantik dan manis, Hj Anna tidak dapat menyembunyikan citra kepemimpinannya yang berdedikasi dan berkarakter tegas.
Kami setuju penghargaan ini menjadi bukti keberhasilan kepemimpinan Hj Anna Sophana. Sehingga di masa mendatang, Indramayu juga butuh pemimpin perempuan seperti dia,” ujarnya.
Dituturkan, kaum perempuan layak untuk menjadi kepala daerah. Karena dalam Islam sendiri tidak membatasi perempuan untuk memilih karir, termasuk politik sebagai pilihan hidup. Malah ajaran Islam yang universal, mengangkat derajat perempuan, menghancurkan tradisi-tradisi usang, menentang keras penghinaan dan perampasan terhadap hak-hak perempuan. Apalagi, gairah perempuan di pilkada telah menunjukkan titik-titik cerah yang menggembirakan.
Kita dapat melihat sosok Hj Ratu Atut Chosiyah yang berhasil menjadi Gubernur Provinsi Banten, Dra Hj Rina Iriani Sri Ratna Ningsih sebagai Bupati Karanganyar-Jawa Tengah, Dra Haeny Relawati Rini Widyastuti, bupati perempuan pertama di Jawa Timur.
Kemudian Dra Hj Rustriningsih, bupati pertama perempuan untuk Kabupaten Kebumen-Jawa Tengah, dan Kapolda perempuan pertama di Provinsi Banten Kombes Polisi Rumiyah.
Sedangkan Drs H Khariri MM, salah seorang tokoh pendidikan di Kabupaten Indramayu menilai, penghargaan tersebut merupakan hal yang wajar bagi sosok perempuan seperti Hj Anna. Dikatakannya, sebagai sosok yang memiliki kepribadian ramah, supel dan lemah lembut, istri Bupati H Irianto MS Syafiuddin ini mampu menyejukkan kultur pantura yang panas dan keras. Selama dua periode kepemimpinan Bupati Yance, sentuhan lembut Hj Anna telah mampu memberikan banyak perubahan terutama menyangkut peran wanita dalam pembangunan. perubahan terutama menyangkut Figur ibu Anna merupakan sosok ibu yang bisa untuk aleman karena kelembutannya. tapi juga sebagai pendorong dan penggerak pembangunan karena semangatnya,” kata perintis program PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) tahun 1998-2003 yang bekerjasama dengan Bank Dunia.
Khariri menambahkan, meningkatnya ketahanan keluarga melalui program BKB Kemas yang cukup sukses tidak terlepas berkat peran serta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Indramayu ini.
Khariri mengaku kagum karena penghargaan seperti ini diberikan oleh Presiden SBY tentunya tidak sembarangan, melainkan melalui penilaian yang cermat. “Penghargaan ini sekaligus merupakan salah satu bukti kemampuan Hj Anna sebagai pemimpin, dalam hal ini di lingkungan PKK yang tersebar dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa,” tandasnya. Sementara menurut Kepala SDN Dukuhjeruk I Kecamatan Karangampel.
Ilan Polandia, penghargaan yang diraih Hj Anna Irianto dari Presiden SBY membuktikan bahwa kualitas perempuan Indramayu sudah diperhitungkan di tingkat nasional. Kondisi ini tentunya diharapkan akan merubah imej terhadap perempuan Indramayu dari yang semula kurang baik menjadi positif. Ditambahkannya, penghargaan yang diberikan tersebut sangat layak jika melihat kiprah Hj Anna yang cukup aktif melalui kegiatan TP PKK. (***

Tidak ada komentar: